Senin, 28 September 2009

Honda Beat

AHM sepertinya geregetan banget, hanya satu kelas yang belum bisa mereka kuasai sepenuhnya di pasar motor Indonesia, Yakni Kelas Skubek/Skutik. Walaupun vario termasuk sukses di pasar, akan tetapi belum sampai merajai pangsa pasar Skutik Indonesia, walaupun Skutik ini termasuk irit dalam konsumsi bahan bakar bila dibandingkan dengan Lawan abadinya yamaha Mio. Saya bisa tulis demikian karena sempat memiliki kedua motor ini. Ilustrasinya begini , sebelum bbm naik, memakai mio saya membutuhkan bensin seharga Rp 10.000 untuk bolak-balik Bogor-Depok (1 RIT). Sedangkan saat memakai Bensin seharga Ceban bisa dipakai untuk menempuh 1,5 RIT perjalanan Bogor-Depok. Sepertinya Faktor Harga yang terpaut Jauh dengan Mio ( Vario 14,15 JT- MIO 11,7 dan 12,6 JT ) serta Dimensi Vario yang tidak selangsing Mio clasic -lah yang membuat penggemar mio belum mau pindah ke lain hati.

YMKI patut waspada, karena hari ini (6/6) rencananya AHM akan melahirkan sesosok Skutik yang setidaknya dapat menjawab dua kendala di atas. Harga yang terjangkau, IRIT, body yang LANGSING, Plus Nama besar Honda yang memiliki jaringan after sales service motor terbaik di indonesia (setidaknya opini subyektif saya ), merupakan beberapa variable yang dapat dijadikan Modal kuat untuk merongrong pasar Yamaha Mio. kedepan bila YMKI tidak segera membenahkan Yamaha Mio, Minimal mengupgrade Mesin Mio menjadi lebih irit atau minimal keiritannya setara dengan Vario dan Beat, maka bukan sesuatu yang mustahil bila penjualan bulanan Beat akan melebihi penjualan bulanan Mio. Memang Irit bukan segalanya, akan tetapi dengan variabel variabel lain yang sangat-sangat kompetitif, mau tidak mau, suka-tidak suka IRIT bisa jadi pembeda. Bandrol harga sepertinya akan diset AHM sangat dekat dengan Yamaha Mio Sporty walaupun tetap sedikit diatas … biasa AHM melakukan hal ini.


Fitur-fitur Honda ICON mungkin saja diaplikasikan semua ke Beat

Kembali ke Beat, Motor ini sebenarnya sudah lebih dahulu berseliweran di jalan-jalan bangkok semenjak Kuartalpertama tahun ini dengan mengusung nama Honda ICON. Secara Dimensi Honda Icon jauh lebih mungil dan langsing dari pada sang Kakak Honda Click/ Vario. Terbayangkan Power to Weight Rationya bakalan terkoreksi cukup signifikan bila dibandingkan dengan Vario. Ruang Dek kaki lebih sempit dari vario. Mesin Vario dan Mesin beat 11-12 alias mirip banget yakni 110 cc, akan tetapi Beat akan mengusung sistem pendingin Udara seperti Mio, dan sepertinya inilah variabel penyumbang terpangkasnya harga Beat. lampunya tidak terpisah semodel dengan Mio Soul. Spido meternya lebih mungil tetapi tetap futuristis. Foot step boncenger menyatu dengan dek depan seperti Mio Clasic. Spatbor depan Beat dirancang nempel dengan tabung sok juga termasuk variabel pembedanya. Fitur Safety Side Stand Switch masih dibenamkan pada Honda Beat ini. Satu fitur yang masih saya pertanyakan.. akankan combi Breake yang notabenenya dibenamkan pada Honda ICON juga dibenamkan pada Honda Beat ini? so Terlepas jadi atau tidaknya Nama Beat disematkan, Akankan Beat merongrong Mio, let the time answer it.

Spesifikasi:

Panjang x lebar x tinggi : 1.859 x 676 x 1.053 mm
Jarak sumbu roda : 1.240 mm
Jarak terendah ke tanah : 156 mm
Berat kosong : 89,3 kg
Tipe rangka : Tulang punggung
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan shock breaker tunggal
Ukuran ban depan : 80/90 – 14 M/C 40P
Ukuran ban belakang : 90/90 – 14 M/C 46P
Rem depan : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakang : Tromol
Kapasitas tangki bahan bakar : 3,5 liter
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC
Sistem Pendinginan : pendinginan dengan kipas
Diameter x langkah : 50 x 55 mm
Volume langkah : 108 cc
Perbandingan kompresi : 9,2 : 1
Daya maksimum : 8,22 PS / 8.000 rpm
Torsi maksimum : 0,85 kgf.m / 5.500 rpm
Kapasitas minyak pelumas mesin : 0,7 liter pada penggantian periodik
Kopling : Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Transmisi : Otomatis, V-Matic
Starter : Electric starter & kick starter
Aki : MF battery, 12 V – 3,5 Ah.
Busi : ND U 24 EPR9, NGK CPR8 EA-9
Sistem pengapian : DC – CDI, Battery
Karburator : VK22 x 1
Lampu depan : 12 V 32 W x 1
Lampu senja : 12 V 3,4 W x 1

Gambar : jrmotor.com, motorcycle-thai.blogspot.com, www.maticholic.com, hondagetbeat.com

Untuk infolebih lanjut bisa disambangi LINK INI

berikut gambar2 honda beat :

1 komentar: